RSS

Teori Jendela Pecah (Broken Window)

30 Sep

James Q. wilson dan George kelling, kriminolog dan ahli ilmu sosial, pernah mengemukakan teori “broken window”. melalui studinya, mereka berdua menyimpulkan bahwa kriminalitas di suatu lokasi terjadi akibat adanya ketidakteraturan. dalam studinya, mereka melakukan pengamatan terhadap jendela yang pecah. sebuah jendela yang pecah dan didiamkan saja, mendorong orang sekitar untuk memecahkan kaca jendela yang lainnya. tidak berhenti sampai di situ. banyak kaca yang pecah diikuti dengan munculnya coretan-coretan di tembok, tempat yang menjadi kumuh, berkumpulnya pengangguran dan kriminil di lokasi tersebut, dan pada akhirnya meningkatkan kriminalitas di tempat tersebut. mengapa hal ini terjadi? karena pesan yang dikirimkan oleh jendela pecah kepada masyarakat sekitar adalah bahwa pemiliknya sudah tidak peduli, orang-orang di sekitarnya sudah tidak peduli, dan orang-orang menganggap kita yang sama-sama melihat jendela itu juga tidak perduli.

Di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ternyata teori ini cukup relevan karena banyak bukti-bukti yang dapat diamati langsung.
Apabila di satu kelompok terdapat anggota atau pimpinannya melanggar ketentuan-ketentuan maka anggota lain dari kelompok itu cenderung untuk ikut melanggar ketentuan-ketentuan. Demikian pula dengan kelompok lainnya, cenderung untuk ikut melanggar ketentuan-ketentuan yang berlaku.
Jadi, kita harus membuang yang satu untuk menyelamatkan yang lebih banyak, harus !

Tapi sayangnya kita cendrung untuk menganggap sesuatu yang remeh sebagai sesuatu yang tidak berarti sama sekali. Membuang puntung rokok sembarangan, membiarkan secarik kertas di samping tong sampah, mengendarai kendaraan di tempat sepi tanpa helm dan tidak mempunyai SIM, dan lain-lain, dan lain-lain, serta dan lain-lain tanpa berpikir lebih jauh apa yang bakal terjadi bila kita membiarkan hal-hal remeh tersebut di depan mata kita.

Jendela yang pecah itu ada di sekitar kita. . . . .

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 30 September 2011 in hukum

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: